Penerapan Fotometri

1. Spektrofotometer

Spektrofotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi dengan cara melewatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu pada suatu obyek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet. Sebagian dari cahaya tersebut akan diserap dan sisanya akan dilewatkan.Nilai absorbansi dari cahaya yang dilewatkan akan sebanding dengan konsentrasi larutan di dalam kuvet. Spektrofotometer sesuai dengan namanya terdiri dari spektrometer dan fotometer. Spektrometer menghasilkan sinar dari spektrum dengan panjang gelombang tertentu dan fotometer adalah alat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diabsorpsi. Jadi spektrofotometer digunakan untuk mengukur energi secara relatif jika energi tersebut ditransmisikan, direfleksikan atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang.

220px-Spektrofotometri

uv_spektrofotometer

2. Fotometri Bintang

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).
Keadaan fisis bintang dapat ditelaah baik dari spektrumnya maupun dari kuat cahayanya. Pengukuran kuat cahaya ini disebut fotometri bintang.

fotometri bintang

3. Light dan Infrared Iradiasi dalam Sistem CCTV

Selama beberapa tahun terakhIR kita telah menyaksikan penampilan dari Kamera CCTV hari malam, semua menampilkan ajaib? kemampuan untuk memperkuat oleh banyak seratus lipatan penerangan minimal kamera? dengan pengangkatan filter IR dan dipotong dengan mematikan sirkuit warna. Lux dan daya Inframerah tidak sama. Lux adalah satuan fotometri yang mengukur titik ke titik penCahayaan (tergantung pada kuantitas cahaya teradiasi dan jarak antara sumber cahaya dan obyek diterangi) sementara daya Inframerah adalah unit radiometrik – diukur dalam Watt. Iluminasi memungkinkan bagi kita untuk melihat saat iradiasi inframerah tidak terlihat mata manusia. Salah satu perangkat untuk mengukur iluminasi dalam lux meter pencahayaan, juga dikenal sebagai pengukur cahaya. Pengukur cahaya termasuk filter dan dikalibrasi untuk mengukur hanya unit cahaya dalam spektrum optik visual sebagai didefinisikan oleh CIE. Filter ini mirip dengan filter IR dipotong mencegah semua radiasi inframerah dari lewat untuk menjaga mengukur akurat. Itu sebabnya semua eksposur meter diketahui, meter cahaya dan peralatan iluminasi lain yang berukuran akan membaca 0 lux atau beberapa nilai sisa bila terkena radiasi inframerah. Dalam CCTV meter cahaya yang digunakan untuk mengukur pencahayaan adegan diamati oleh kamera keamanan, tetapi tidak boleh digunakan untuk mengukur radiasi inframerah, karena membaca nya akan 0 lux, atau membaca sisa seperti 0,001 lux, meskipun adegan mungkin terkena dengan kuantitas yang cukup besar radiasi IR.

cctv

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply